Pengantar dan Tips Menu Makanan Bayi (MPASI)

Resep Masakan / Makanan Bayi Balita Anda
Bayi yang berumur 0 s/d 12 bulan masih bersifat sangat sensitif, anda harus memperhatikan beberapa makanan yang anda berikan pada bayi anda, karena jika anda salah dalam memberikan makanan kepada bayi anda – dapat menyebabkan alergi dan beberapa gangguan kesehatan lainnya. Untuk menghindari hal tersebut anda harus mengetahui beberapa Tips Menu Makanan Pada Bayi dan Pengantar atau Resep Makanan untuk Bayi. Jika anda tepat dalam memberikan makanan pada bayi anda – maka bayi anda Akan lebih terjaga dan lebih sehat serta jauh dari beberapa alergi.

PEMBERIAN MAKANAN PADAT PADA BALITA

  1. Kenalkan jenis makanan rice cereal atau bubur beras pada bayi anda, karena makanan tersebut tidak menimbulkan alergi, dan mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan bayi.
  2. Saat memberikan makanan untuk pertama kalinya kepada di bayi, usahakan porsi makanan yang di berikan jangan terlalu banyak, cukup berikan satu atau dua sdt saja, serta jangan terlalu kental – anda bisa menanmbahnya dengan air Susu agar lebih encer. Untuk beberapa hari pertama – berikan lah makan 1 atau 2 kali / hari. setelah bayi anda sudah ter biasanya dengan makanan yang anda berikan, anda bisa menambahkan jumlah porsi yang anda berikan, begitu juga frekuensi makan per hari juga bisa di tambah , tetapi anda harus memperhatikan kondisi bayi anda – jika bayi anda suka dan tidak alergi , anda bisa melanjutkan memberikan makanan tersebut kepada si bayi
  3. Setelah bayi anda terbiasa dengan makanan bubur beras, anda bisa memberi makanan lainnya, contoh = makanan sayuran yang di buat sendiri (di lumatkan) atau memberikan buah buah Han yang bersifat lembut. tetapi anda harus memperhatikan beberapa hal, jika anda memberikan makanan buah buahan , usahakan jangan memberikan buah yang terlalu manis dan jangan terlalu asam, pilih lah buah yang mempunyai rasa standard / sedang
  4. Kenalkan beberapa makanan terhadap bayi secara bertahap, saat anda ingin mengenalkan beberapa makanan terhadap bayi anda, sebaiknya anda melakukannya secara bertahap, jangan mengenalkan nya secara sekaligus. contoh = hari Senin anda memberikan makanan bubur beras, hari Selasa bubur kentang , hari Rabu sayuran dan buah buahan, dan Kamis anda bisa memberikan bubur beras lagi . lakukan lah seperti itu secara bertahap – dan berikan lah makan secara bertahap, jika anak anda mengalami alergi, sebaiknya anda segera mengganti makanan yang menyebabkan anak anda alergi
  5. Jangan menyimpan sisa makanan pada piring bayi. Mengapa hal ini di larang atau tidak di anjurkan? Karena saat anda menyisakan makanan di piring bayi, dapat menimbulkan dan berkembang nya beberapa bakteri (dalam waktu penyimpanan yang lama). Jika bayi anda tidak bisa menghabiskan makanan yang anda berikan, anda bisa membuang nya, jangan berikan makanan sisa – kepada si bayi, karena hal ini dapat menyebabkan alergi.
  6. Hindari bumbu pada makanan bayi, bayi masih sangat sensitif – sebaiknya anda jangan dulu memberikan bumbu atau penyedap seperti garam, kaldu, merica, vetsin dll. Pada makanan bayi, berikan lah bumbu tersebut ketika bayi anda telah tumbuh menjadi dewasa.
  7. Tidak boleh memaksa bayi, ada beberapa bayi yang memang tidak cocok atau tidak mau di berikan makanan tertentu seperti sayur wortel. jika bayi anda mengalami hal tersebut, anda tidak boleh memaksa nya, anda bisa memberinya di lain hari atau menunda nya beberapa hari / minggu

BEBERAPA JENIS MAKANAN YANG HARUS DI PERHATIKAN

  1. Sebaiknya jangan memberikan susu sapi kepada bayi sebelum dia berumur 12 bulan , berikan lah susu ASI saat bayi berumur 0 s/d 12 bulan, karena ini adalah anjuran dokter dan ASI adalah susu terbaik untuk bayi anda.
  2. Sayuran bayam merupakan sayuran yang mengandung zat oxalic acid, sebaiknya anda memberikan sayuran bayam setelah bayi telah berumur 9 bulan. karena zat Oxalic acide merupakan zat yang menghambat penerapan kalsium dan zat besi pada tubuh.
  3. Jangan memberikan buah strawberry, jeruk, kacang kacangan, madu, putih telor pada bayi yang belum berumur 12 bulan, berikan lah buah makanan tersebut saat bayi sudah berumur 12 bulan. karena jika memberikan makanan tersebut saat bayi di bawah 12 bulan – dapat menimbulkan beberapa alergi pada bayi.

TIPS MEMBUAT RICE CEREAL UNTUK BAYI ANDA

  1. Pilih beras yang berkualitas bagus , kemudian cuci bersih beras tersebut
  2. Tiriskan beras, dan jemur lah beras tersebut hingga benar benar kering
  3. Sangrai beras tersebut hingga matang, tetapi jangan terlalu gosong
  4. Blender (beras) sampai halus
  5. Saring lah beras yang telah di blender, ambil lah yang benar benar halus
  6. Jika anda sudah mendapatkan bubuk beras yang halus, anda bisa menyimpanya di wadah yang kedap udara. Tetapi anda tidak boleh menyimpan nya dalam waktu (lebih) dari 2 minggu.
  7. Jika anda akan memberikan sarapan pada si bayi, anda tinggal mengambil bubuk beras tersebut dan mencampur nya dengan susu formula atau asi.

MENU LIST – MAKANAN UNTUK BAYI


Di atas adalah beberapa tips dan pengantar menu makanan untuk bayi anda, setelah anda membaca artikel tersebut, anda bisa menerapkan nya pada bayi anda. Semoga artikel ini bermanfaat.



Description: Pengantar dan Tips Menu Makanan Bayi (MPASI)- Nusantara Cooking - aneka kumpulan resep masakan, minuman, kue, serta tips memasak makanan favoritmu. - Rating: 4.9

Terkait : Pengantar dan Tips Menu Makanan Bayi (MPASI)

Posted by: Yuli Pertiwi - Resep Masakan Updated at: 12.30
- Reviewer: Admin - ItemReviewed: Pengantar dan Tips Menu Makanan Bayi (MPASI)
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Nusantara Cooking, dan masukkan email anda di kolom bawah.